Cara Membuat Frame Unik Dari Kardus Bekas. - pinka

Breaking

Friday, September 04, 2015

Cara Membuat Frame Unik Dari Kardus Bekas.


Cara Membuat Frame Unik Dari Kardus Bekas.Pada tutorial sebelumnya, Pinkapomacraft membagi tutorial cara membuat frame unik dari bahan kayu bekas, dan kali ini kita akan berbagi cara membuat frame unik dari bahan kardus bekas. Dari barang yang sudah tidak terpakai kita bisa memanfaatkannya menjadi barang yang lebih menarik dan mempunyai daya tarik.

Kenapa dari kardus bekas? banyak orang sering membuat kardus bekas dari peralatan elektronik, wadah suatu barang, dan akan lebih baik jika kita bisa mendaur ulangnya menjadi barang yang berguna.  dari pada kita buang dan mengotori lingkungan.

Berikut adalah tutorial cara membuatnya :

Alat  & Bahan :

Kardus Bekas (digunakan sebagai bahan utama untuk membuat frame)

Cutter/Pisau Pemotong (digunakan untuk memotong kardus yang telah diukur)

Lem (digunakan sebagai alat untuk menempelkan kardus bekas)

Cara Pembuatannya :

1. siapkan kardus bekas yang akan kita gunakan untuk membuat frame/bingkainya. Buat pola ukuran seusuai keinginan anda, potong pola dengan cutter atau pisau pemotong.





2. Setelah pola pada kardus terpotong, lipat pola pada bagian tengah, untuk membuat bagian depan dan belakangnya. Gunakan penggaris sebagai alat bantu untuk melipat.



3. Lipat kedalam bagian pola pada bagian belakang. Kemudian rekatkan bagian yang sudah dilipat dengan lem. Tunggu hingga kering.




4. Untuk bisa membuat frame/bingkai foto dapat berdiri, buat peyangga dari bahan kertas pada bagian belakang frame. atau jika anda ingin menggantungnya di dinding anda bisa memberinya tali atau pengait pada bagian belakannya.


5. Beri lem pada bagian lipatan pola bagian belakang untuk merekatkannya dengan bagian depan frame. 



6. Jika bagian depan dan belakang sudah menyatu, sekarang tinggal anda menghias bagian depan frame menggukanan potongan-potongan kecil kardus. Lihat pada gambar dibawah.

 - TEMPELAN POTONGAN KARDUS UNTUK HIASAN -

 - TEMPELAN POTONGAN KARDUS UNTUK HIASAN -
 

- TEMPELAN POTONGAN KARDUS UNTUK HIASAN -


7. Lakukan menghias bagian depan hingga semua sudah sempurna dan rapi, gunakan lem untuk merekatkannya. 


8. Jika lem sudah mengering, itu berarti frame anda siap untuk digunakan. Anda tinggal memasukkan foto yang anda ingkinkan untuk anda pajang didalam frame tersebut.



Sekian tutorial kali ini, semoga apa yang saya bagi kepada anda semua dapat bermanfaat. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, kritik dan saran. Jika anda menyukai artikel ini, jangan lupa untuk membaginya kepada teman-teman anda. Terimakasih.

Image Source :  Femme2decotv

1 comment: