Cara Membuat Kursi Cantik Dari Botol Bekas - pinka

Breaking

Tuesday, August 04, 2015

Cara Membuat Kursi Cantik Dari Botol Bekas


Anda suka minum minuman soda dalam kemasan botol dan setelah minumannya habis botol plastiknya dibuang begitu saja? Daripada membuangnya dang menjadi sampah yang akan terurai jutaan tahun, Sebaiknya anda simpan karena botol plastik yang kelihatannya tidak berguna masih bisa kita manfaatkan menjadi barang yang berguna.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkannya menjadi barang yang berguna, seperti menjadikannya hiasan pot ditaman, aksesoris cantik, hiasan lampu, dan tutorial kali ini akan memberi tahu caranya membuat kursi dari botol bekas yang bisa anda praktekan sendiri dirumah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Alat dan Bahan : 

Botol Bekas (digunakan sebagai bahan utama untuk kursinya) 

Lakban Plastik  (digunakan untuk mengikat beberapa botol agar tidak mudah terlepas) 

Kardus Bekas / Triplek (digunakan untuk menutupi bagian atas dan bawah dari botol agar rapi) 

Busa  (digunakan untuk membungkus botol dan membuat kursi menjadi empuk dan nyaman) 

Kain Perca (digunakan untuk menutupi permukaan luar agar menjadi rapi) 

Cara Pembuatannya :

1. Kumpulkan botol-botol bekas yang mempunyai ukuran yang hampir sama. Rekatkan semua botol menjadi satu dengan lakban plastik, ikat melingkar dibagian luar botol. Lakukan hingga botol tersusun rapi.


2. Gunakan kardus bekas atau triplek yang sudah di potong menjadi lingkaran untuk menjadi alas penutup bagian atas dan bawah bagian botol. Kemudian rekatkan semuanya dengan lakban plastik hingga semuanya benar-benar terikat dan rapi. 

3. Bungkus semua bagian dengan menggunakan busa yang empuk, lapisi semua bagian seperti nampak pada gambar dibawah ini.

4. Setelah semua tertutup, kemudian rapikan dengan menjahitnya agar busa tidak lepas. Jahit pada bagian sambungan atas dan bawahnya. 

5. Jika busa sudah rapi dihajit, langkah selanjutnya adalah dengan menutupnya menggunakan kain, kain yang digunakan bisa jenis kain apa saja. Buat seperti gambar dibawah.

 

5. Langkah terakhir, gunakan kain wall, atau kain hias untuk menutupi bagian luarnya agar terlihat lebih cantik.


-HASIL SETELAH JADI-


Anda bisa berkreasi dengan mengganti kain penutupnya dengan selera anda. Setelah jadi orang tidak akan menyangka jika kursi yang cantik ini terbuat dari barang bekas. Semoga tutorial kali ini bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi kepada anda. Terimakasih.

Image Source : Mulherpreciosa

5 comments: